ONLINE HOLIC : Honda Injeksi


PENDAHULUAN

Untuk menjadikan sepeda motor HONDA menjadi NOMOR SATU di Indonesia, sudah banyak teknologi yang di aplikasikan HONDA baik pada mesin ataupun bodi sepeda motor , salah satunya yaitu teknologi  injeksi. Dengan menggunakan teknologi injeksi  keuntungan yang di dapatkan yaitu konsumsi penggunaan bahan bakar ( bensin ) pada mesin semakin irit, karena pengkabutan bahan bakar ( bensin ) semakin sempurna. Dengan Pengaplikasian teknologi injeksi pada mesin honda pengeluaran biaya untuk pembelian bahan bakar ( bensin) juga semakin HEMAT. Dari segi performa mesin juga semakin HEBAT, handal dan tanguh, karena dengan teknologi injeksi pencampuran bahan bakar dan bensin lebih tepat, sehingga tenaga yang di hasilkan pada mesin honda lebih POWERFUL. Teknologi injeksi pada HONDA membuat sepeda motor ini menjadi nomor satu  di indonesia.



SEJARAH TEKNOLOGI INJEKSI HONDA

Posisi nomer satu sepeda motor HONDA di pasar sepeda motor injeksi di Indonesia baik global maupun domestik. Di Tingkat Global HONDA tercatat sebagai produsen motor pertama yang menggunakan teknologi injeksi yaitu pada tahun 1981 dengan meluncurkan produk CX500TURBO.
Honda juga tercatat sebagi pelopor teknologi injeksi pada tahun 2005 melaui produk Honda Supra X 125 PGM-FI. Pada tahun ini tercatat sebagi produsen dengan angka penjualan produk injeksi tertinggi, Hingga bulan Februari 2013 AHM memasarkan 10 line up produk motor injeksi yaitu : Honda CBR250R, Honda CBR150R, Honda CB150R Street Fire, Honda PCX150, Honda Versa 150, Honda Supra X 125 Helm In PGM-FI, Honda Vario 125 PGM-FI, Honda Spacy FI, All New Honda Beat FI, dan New Honda Scoopy FI. (Sumber : http://www.wahanaartha.com/News_ind_detail.aspx?ID=367)

PENGERTIAN INJEKSI 

Injeksi bahan bakar adalah teknologi digunakan dalam mesin pembakaran dalam mencampur bahan bakar dengan udara sebelum dibakar. Penggunaan teknologi injeksi untuk bahan bakar ini akan meningkatkan tenaga mesin bila dibandingkan dengan penggunaan karburator. Injeksi bahan bakar juga dapat mengontrol pencampuran bahan bakar dan udara yang lebih tepat, baik dalam proporsi dan keseragaman. Dengan pencampuran bahan bakar yang tepat dapat meningkatkan efisiensi bahan bakar dan mengurangi polusi dan juga memberikan tenaga keluaran yang lebih baik. Injeksi ini sangat bagus diterapkan pada produk Sepeda Motor. Untuk mengetahui proses kerja pada Sepeda Motor Honda ini bisa di lihat pada gambar dibawah ini.

 


PENGERTIAN PGM-FI

Pengertian PGM-FI yaitu Sistem supalay bahan bakar dengan menggunakan teknologi kontrol secara elektronik yang mampu mengatur pemasukan bahan bakar dan udara secara optimum yang dibutuhkan oleh mesin pada setiap keadaan (Sumber : Honda)


Teknologi PGM-FI (Programmed Fuel Injection) dikendalikan secara elektronik untuk memasok bahan bakar dan oksigen secara tepat sesuai kebutuhan mesin di setiap keadaan. Sistem Injeksi ini mengandalkan peran sebagai komponen sensor yang mengirimkan sinyal informasi ke pusat kontrol mesin ECM ( Engine Control Module), yang kemudian memberikan sinyal perintah ke komponen keluaran di dalam mesin untuk menghasilkan tenaga optimal secara efisien dengan misi yang ramah lingkungan (Sumber : Honda)





KEUNGGULAN TEKNOLOGI INJEKSI HONDA

Lebih Ramah Lingkungan
Teknologi yang ramah lingkungan yaitu HONDA mengaplikasikan teknologi injeksi sehingga menjadikan sepeda motor HONDA memiliki gas buang rendah, bahkan salah satu produk Honda Supra X Helm In PGM-FI dikukuhkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup sebagai sepeda motor Paling Ramah Lingkungan pada tahun 2012. Dengan gas buang yang rendah  akan berkontribusi memberikan lingkungan yang lebih bersih dan juga masa depan yang lebih baik untuk generasi mendatang.

Lebih Irit Bahan Bakar
Teknologi injeksi mampu mengatur pemasukan bahan bakar dan udara secara optimum sesuai yang dibutuhkan mesin

Lebih Bertenaga
Dengan Pengabutan bahan bakar yang dihasilkan oleh teknologi injeksi akan menyempurnakan pada proses pembakaran bahan bakar di mesin, sehingga akan diperoleh tenaga yang maksimal.

Lebih Mudah Menghidupkan Mesin
Pasokan bahan bakar ke ruang  mesin yang tepat, akan MUDAH untuk menghidupkan mesin sepeda motor.

Lebih Mudah Perawatan
Dengan Teknologi baru ini perawatan sepeda motor juga akan semakin MUDAH.

Aman Menggunakan Premium
Karena pengabutan bahan bakar yang sempurna untuk bahan bakar premium aman digunakan pada sepeda motor yang mengaplikasikan teknologi ini.

BUKTI, TEKNOLOGI INJEKSI MEBUAT IRIT BAHAN BAKAR MOTOR HONDA 

HONDA sering mengadakan lomba IRIT bahan bakar, ini dilakukan untuk menunjukan kepada publik bahwa produk HONDA paling irit. HONDA tidak hanya bicara slogan tapi TERBUKTI dengan adanya lomba IRIT bahan bakar ini. Fun Riding Honda Vario Tekno125 Idling Stop, konsumsi bahan bakar motor mampu menembus 76,098 km/liter. (SUMBER : MOTORPLUS-ONLINE.COM)


 Honda Injeksi No.1 di Indonesia
Sumber : http://www.astra-honda.com/index.php/product

Generasi baru dari HONDA Vario ini telah mengandalkan sistem bahan bakar injeksi terbukti IRIT



Dengan menggunakan teknologi Injeksi yang di aplikasikan pada mesin sepeda motor HONDA, diperoleh kesimpulan sebagai berikut :

1. RAMAH LINGKUNGAN
2. IRIT BAHAN BAKAR
3. BERTENAGA
4. MUDAH MENGHIDUPKAN MESIN
5. MUDAH PERAWATAN
6. AMAN MENGGUNAKAN PREMIUM

INFORMASI KONSUMEN


Popular posts from this blog

ONLINE HOLIC : Keuntungan Injeksi

ONLINE HOLIC : Pengertian Injeksi